Tentang Medika

Foto saya
Bandung, jawa barat, Indonesia
Mencoba memenuhi keingitahuan terhadap kegiatan Pemerintahan, dengan membahas hal-hal umum sampai yang mendetail mengenai kultur,struktur serta prosedur dalam proses penyelenggaraannya

Kamis, 18 Februari 2010

produk masa lalu

Pemerintahan Dan Masa Lalu
Pemerintahan adalah produk masa lalu, apapun yang terjadi sekarang adalah dampak keputusan yang telah di ambil terdahulu, fakta yang ada keadaan kita masa sekarang masih jauh dari cita-cita bangsa, dari harapan seluruh rakyat, dari Negara-negara di sekitar, dan dari Negara yang lebih miskin SDA nya….. padahal kekayaan yang kita miliki merupakan harta karun yang menyilaukan negara lain, saking kayanya dijajah 350 tahun pun tidak habis.

Negara ini adalah warisan para pendahulu jadi semua ketidakpuasan masa sekarang merupakan akibat masa lalu, akibat tokoh-tokoh jaman dulu, orang-orang jaman dulu walaupun tidak semuanya buruk namun yang buruk yang lebih dominan sekarang..
Kita selalu mendapat cerita bahwa banyak tokoh-tokoh yang hebat pada masa lalu, para pemimpin dengan segudang keberanian dan pemikiran yang visioner tapi anehnya sampai sekarang orang-orang hebat tersebut belum menempatkan negaranya di posisi yang layak, mungkin itulah bedanya dengan orang-orang hebat di Negara lain, Mungkin memang ada standar berbeda tentang penilaian atau kriteria orang hebat dengan Negara lain. Mungkin generasi masa lalu tidak mengerti pentingnya regenerasi atau mereka tidak mau membagi-bagikan kehebatan yang mereka miliki.
Satu lagi Hal yang menjadi kekurangan para pendahulu kita, yaitu terletak pada kemampuan membaca potensi contohnya pada saat Ibu pertiwi perlu mengoptimalkan kekayaan alamnya, orang-orang malah sibuk bikin pesawat bukannya mengembangkan teknologi pertanian, kelautan atau pertambangan, lebih luas lagi saat semua bangsa mempunyai visi yang spesifik terhadap potensi unggul yang dimiliki, kita masih terbuai dengan kata-kata surga: mandiri, adil, makmur, dlll……. Yang jelas tidak akan pernah terwujud bila kita memposisikannya sebagai tujuan utama sehingga jagkauannya terlalu umum dan luas, padahal yang dibutuhkan adalah visi yang spesifik di satu atau dua bidang unggulan yang secara matematis mampu diwujudkan dan memberi nilai guna yang nyata, sehingga kemadirian, keadilan,dan kemakmuran akan mengikutinya dari belakang. Bagaimana kita menemukan jalan keluar dari belenggu masa lalu ini?????? inilah saatnya berfikir untuk merencanakan hal yang sederhana namun pasti terwujud.
Di sisi lain Pemerintah perlu keluar dari peninggalan masa lalunya yaitu hierarkhi dan birokrasi kompeni, mungkin karena terlalu lama dijajah sehingga sifat pemerintahan kolonial masih terbwa sampai sekarang, dimana rakyat diposisikan sebagai yang harus melayani kepentingan-kepentingan birokrat atau para priayi, sedangkan kaum elit tersebut hanya sebagai pengambil keputusan yang mutlak tanpa memperhatikan kepentingan umum, padahal Negara kita sudah menganut sistem demokrasi yang memposisikan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Pola pikir seperti di atas harus segera dilenyapkan sebelum rakyat merasa terjajah di negra yang merdeka, So perlu adanya pemikiran brilian untuk mengganti sistem masa lalu yang telah mendarah daging di negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar